MAKALAH - ORIENTASI PESERTA DIDIK | MANAJEMEN PENDIDIKAN
MAKALAH
ORIENTASI PESERTA DIDIK
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah
MANAJEMEN KESISWAAN
Dosen Pengampu : Drs Hamdani, M.Pd.I
Disusun Oleh :
1. Agung Setiatama
2. Nur Fadhilah
3. Tia Pratiwi
4. Tutik Handayani
PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM GROBOGAN
2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah S.W.T yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami, sehingga kami menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini berjudul“Orientasi Peserta Didik”
Makalah ini mencakup tentang informasi yang berhubungan tentang masa orientasi peserta didik di sekolah. Kami harap makalah ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat kepada pembaca.Agar kami sebagai mahasiswa/mahasiswi yang juga tengah mempelajari manajemen kesiswaan juga dapat mengatur jalannya masa orientasi peserta didik.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah S.W.T senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
Purwodadi, 21 Mei 2016
Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul....................................................................................................... i
Kata Pengantar...................................................................................................... ii
Daftar Isi............................................................................................................... iii
Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang.......................................................................................... 1
B. Rumusan Masalah..................................................................................... 1
C. Tujuan Penulisan....................................................................................... 2
Bab II Pembahasan
A. Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD)..................................................... 3
B. Tujuan dan Fungsi MOPD........................................................................ 4
C. Perbedaan Hari Pertama di Sekolah dengan Pekan MOPD...................... 6
D. Sasara MOPD............................................................................................ 8
Bab III Penutup
A. Kesimpulan................................................................................................ 9
B. Saran.......................................................................................................... 10
Daftar Pustaka....................................................................................................... 11
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Saat lingkungan sekolah peserta didik yang lama telah ditinggalkan kemudian mereka berpindah ke lingkungan sekolah yang baru, dengan penghuni dan budaya baru. Maka, peserta didik perlu orientasi. Dengan orientasi tersebut, peserta didik akan siap menghadapi lingkungan dan budaya baru di sekolah, yang dapat saja berbeda jauh dengan sebelumnya. Kian tinggi jenjang lembaga pendidikan, kian berat tuntutan-tuntutan yang harus dipenuhi oleh peserta didik. Daya saing lingkungan baru tersebut, relatif lebih ketat dibandingkan denganlingkungan sebelumnya. Orientasi peserta didik baru diharapkan dapat menghantarkan peserta didik pada suasana baru yang berbedadengan sebelumnya. Dengan demikian, peserta didik akan sadar sesadar-sadarnya, bahwa lingkungan baru yang ia akan memasukinya, membutuhkan pikiran, tenaga dan waktu yang relatif lebih banyak dibandingkan dengan lingkungan sekolah sebelumnya.
Apa yang dimaksud dengan orientasi peserta didik? Yang dimaksud dengan orientasi adalah perkenalan atau penyesuaian atau peninjauan untuk menentukan sikap. Perkenalan ini meliputi lingkungan fisik sekolah dan lingkungan sosial sekolah.
B. Rumusan Masalah
1. Apakah yang dimaksud dengan Masa Orientasi Peserta Didik?
2. Apa tujuan dan fungsi dari MOPD?
3. Bagaimana perbedaan dari “Hari Pertama di Sekolah” dengan “Pekan Orientasi Peserta Didik”?
4. Apa saja sasaran MOPD?
C. Tujuan
Tujuan kami menyusun makalah ini yaitu untuk mengetahui pengertian, tujuan, dan fungsi dari Masa Orientasi Peserta Didik serta untuk menganalisis perbedaan antara “Hari Pertama di Sekolah” dengan “Masa Orientasi Peserta Didik” sekaligus mengetahui sasaran dari Masa Orientasi Peserta Didik itu sendiri.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Masa Orientasi Peserta Didik (MPOD)
Masa Orientasi Peserta Didik(MOPD), sebelumnya disebutMasa Orientasi Siswa(MOS) atauMasa Pengenalan Lingkungan Sekolah(MPLS), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.
Masa orientasi lazim kita jumpai hampir di tiap sekolah, mulai dari tingkatSMP,SMA, hinggaperguruan tinggi. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru.
MOPD dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MOPD juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.[1]
B. Tujuan dan Fungsi MOPD
1. Tujuan MOPD
a. Memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah yang baru mereka masuki
b. Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.
c. Memperkenalkan siswa pada keorganisasian
d. Memperkenalkan siswa untuk dapat menyanyikan lagu hymne dan mars sekolah
e. Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah
f. Mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka
g. Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal
h. Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.[2]
2. Fungsi MOPD
a. Bagi peserta didik baru, sebagai wahana untuk menyatakan dirinya dalam konteks keseluruhan lingkungan sosialnya. Di wahana ini peserta didik dapat menunjukkan inilah saya kepada teman sebayanya, bagi peserta didik.
b. Bagi peserta didik baru, sebagai wahana untuk mengenal siapa lingkungan barunya sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman dalam menentukan sikap.
c. Bagi personalia sekolah dan atau tenaga kependidikan, dengan mengetahui siapa peserta didik barunya, akan dapat dijadikan sebagai titik tolak dalam memberikan layanan-layanan yang mereka butuhkan.
d. Bagi para peserta didik senior, dengan adanya orientasi ini, akan mengetahui lebih dalam mengenai peserta didik penerusnya di sekolah tersebut. Hal ini sangat penting terutama berkaitan dengan kepemimpinan estafet organisasi peserta didik di sekolah tersebut.[3]
C. Perbedaan Hari Pertama di Sekolah dengan Pekan Orientasi Peserta Didik
1. Hari-Hari Pertama di Sekolah
Hari-hari pertama di sekolah bagi peserta didik adalah hari yang dirasakan secara campur aduk. Campur aduk antara senang dankhawatir, antara bangga dan kadangkala cemas. Senang dan bangga,karena baru saja diterima menjadi peserta didik di sekolah yang dipilihnya. Khawatir dan cemas karena dia akan berhadapan dengan tugas-tugas baru yang lebih berat dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya.
Oleh karena yang dihadapi oleh peserta didik baru tersebutadalah hal-hal yang serba baru, maka hasrat ingin tahu merekaterhadap lingkungan baru tersebut sangat besar. Siapa saja guru disekolah tersebut, siapa saja pejabat-pejabat di sekolah tersebut, danbagaimana penampilan orangnya, adalah pertanyaan-pertanyaanyang seringkali menggoda peserta didik baru. Demikian juga apayang menjadi keahlian gurunya, bidang studi yang akan diajarkanseringkali ingin diketahui oleh mereka.Para peserta didik baru ini juga seringkali tidak sabar dengankeingintahuannya tentang perpustakaan sekolah, laboratoriumsekolah serta berbagai macam jenis layanan yang didapatkan disekolah. Hal demikian wajar mengingat lingkungan baru sekolah yanglebih tinggi dibandingkan sekolah mereka sebelumnya, menimbulkanpersepsi lebih bagi peserta didik terhadap sekolah barunya.Kelebihan-kelebihan demikian inilah yang segera ingin merekaketahui.Tidak jarang, peserta didik sebenarnya telah mengenal sekolah tersebut melalui brosur-brosur, berita-berita di koran serta cerita dariteman-temannya.
Oleh karena itu, ia ingin tahu senyatanya terhadapsekolah tersebut, begitu ia diterima sebagai peserta didiknya. Olehkarena itulah, pada hari-hari pertama di sekolah tersebut, pesertadidik diperkenalkan secara menyeluruh dan global mengenaisekolahnya, personalianya, jenis-jenis layanan yang dapatdimanfaatkan dan sebagainya. Perkenalan secara menyeluruhtersebut dilakukan bersamaan dengan penerimaan secara resmiterhadap peserta didik oleh kepala sekolah. Pada penerimaan peserta didik secara resmi demikian, pesertadidik dikumpulkan di gedung pertemuan yang dapat menampungmereka secara keseluruhan. Di depan mereka duduk kepala sekolahbeserta guru-guru dan karyawan sekolah. Dengan demikian, padasaat mereka diperkenalkan, para peserta didik akan dapat melihatmereka dengan mudah.Jika gedung pertemuan sekolah yang dimaksudkan untukmenampung peserta didik tersebut tidak mencukupi, penerimaansecara resmi dan perkenalan secara garis besar demikian dapatdilakukan di lapangan atau halaman sekolah. Penerimaan secararesmi dapat dilakukan melalui upacara resmi di sekolah.
Pada saat penerimaan secara resmi demikian, kepala sekolahmemberikan sambutan penerimaan. Isi sambutan penerimaan antaralain adalah: sejarah singkat sekolah, prestasi-prestasi yang pernahdiraih, pernyataan penghargaan kepada peserta didik yang secara jelitelah menjadikan sekolah tersebut sebagai pilihan untuk memobilisasidiri. Selanjutnya, kepala sekolah memperkenalkan wakil kepalasekolah, guru-guru beserta keahlian dan pengalamannya, personaliasekolah dengan jenis-jenis layanan yang akan dia berikan, tokoh-tokoh organisasi peserta didik, dan sebagainya.
2. Pekan Orientasi Peserta Didik
Pekan orientasi peserta didik adalah kelanjutan dari orientasi hari-hari pertama masuk sekolah. Jika pada hari-hari pertama masuksekolah, peserta didik diperkenalkan dengan lingkungan fisik danlingkungan sosial sekolah secara global, maka pada pekan orientasistudi ini mereka diperkenalkan secara rinci.Adapun lingkungan sekolah yang diperkenalkan secara rincitersebut adalah: peraturan dan tata tertib sekolah, guru danpersonalia sekolah, perpustakaan sekolah, laboratorium sekolah,bengkel sekolah, kafetaria sekolah, bimbingan dan konseling sekolah,layanan kesehatan sekolah, layanan asrama sekolah, orientasiprogram studi, cara belajar yang efektif dan efisien di sekolah danorganisasi peserta didik.[4]
D. Sasaran Masa Orientasi Peserta Didik
1. Lingkungan Fisik Sekolah
Meliputi prasarana dan sarana sekolah seperti jalan menuju sekolah, halaman sekolah, tempat bermain di sekolah, lapangan olah raga, gedung dan perlengkapan sekolah, sertafasilitas-fasilitas lain yang disediakan di sekolah.
2. Lingkungan Sosial Sekolah
Meliputi kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan selain guru, teman sebaya seangkatan, dan pesertadidik senior di sekolah.[5]
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pertama, Masa Orientasi Peserta Didik(MOPD), sebelumnya disebutMasa Orientasi Siswa(MOS) atauMasa Pengenalan Lingkungan Sekolah(MPLS), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.
Kedua, tujuan MOPD tak lain untuk memperkenalkan peserta didik baru dengan dunia barunya agar dapat beradaptasi, sehingga memiliki fungsi yang tidak hanya di rasakan oleh peserta didik baru namun juga dapat dirasakan oleh guru atau staff, dan peserta didik senior.
Ketiga,hari-hari pertama di sekolah bagi peserta didik adalah hari yang dirasakan secara campur aduk. Campur aduk antara senang dankhawatir, antara bangga dan kadangkala cemas. Sedangkan, pekan orientasi peserta didik merupakan kelanjutan dari orientasi hari-hari pertama masuk sekolah. Adapun kegiatan dalam pekan orientasi di lingkungan sekolah yang diperkenalkan secara rinci adalah peraturan dan tata tertib sekolah, guru dan personalia sekolah, perpustakaan sekolah, laboratorium sekolah, kafetaria sekolah, bimbingan dan konseling sekolah, layanan kesehatan sekolah, layanan asrama sekolah, orientasi progam studi, cara belajar yang efektif dan efisien di sekolah dan organisasi peserta didik.
Keempat, sasaran MOPD adalah lingkungan fisik dan lingkungan sosial sekolah.
B. Saran
Masa orientasi merupakan masa yang sangat diperlukan bagi para peserta didik baru, tak hanya bagi mereka namun manfaat juga akan berdampak pada guru dan staff sekolah, serta peserta didik senior. Maka dari itu, masa orientasi perlu diterapkan bagi setiap jenjang pendidikan terlebih bagi SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Mengingat pentingnya masa orientasi, oleh karena itu diperlukan manajemen yang efektif dan efisien untuk mengatur segala hal yang dibutuhkan.
Daftar Pustaka
Wikipedia. “Masa Orientasi Peserta Didik”. 16 Mei 2016, https://id.wikipedia.org/wiki/Masa_Orientasi_Peserta_Didik
Gooddaychesse. “Orientasi Peserta Didik Baru”. 16 Mei 2016, https://gooddaycheese.wordpress.com/pendidikan/manajemen/orientasi-peserta-didik-baru/
Ikhsan, Khairul. “Manajemen Kesiswaan”. 16 Mei 2016, https://www.scribd.com/doc/72385801/MANAJEMEN-KESISWAAN
[1] Wikipedia, “Masa Orientasi Peserta Didik”, disalin pukul 20.05 WIB, 16 Mei 2016, https://id.wikipedia.org/wiki/Masa_Orientasi_Peserta_Didik
[2] Wikipedia, “Masa Orientasi Peserta Didik”, disalin pukul 20.05 WIB, 16 Mei 2016, https://id.wikipedia.org/wiki/Masa_Orientasi_Peserta_Didik
[3] Gooddaychesse, “Orientasi Peserta Didik Baru”, disalin pukul 20.30 WIB, 16 Mei 2016, https://gooddaycheese.wordpress.com/pendidikan/manajemen/orientasi-peserta-didik-baru/
[4] Khairul Ikhsan, “Manajemen Kesiswaan”, disalin pukul 20.10 WIB, 16 Mei 2016, https://www.scribd.com/doc/72385801/MANAJEMEN-KESISWAAN
[5] Khairul Ikhsan, “Manajemen Kesiswaan”, disalin pukul 20.10 WIB, 16 Mei 2016, https://www.scribd.com/doc/72385801/MANAJEMEN-KESISWAAN
0 Response to "MAKALAH - ORIENTASI PESERTA DIDIK | MANAJEMEN PENDIDIKAN"
Posting Komentar