Perkembangan Menejemen | Manajemen Pendidikan

PentingnyaMenejemen
Lembaga yang kondusifsangattergantungsumberdayamanusia yang handal, karenasumberdayamanusia yang lemahwalaupunya modal danfasilitas yang memadaitidakbisameraihkeberhasilan.
SDM yang handalmembutuhkanpembagaiantugasproposionaldanpenempatanpekerjasesuaidengankompetensinyamasing-masing. Sehinggapelakupendidikanmemikultanggungjawabsesuaidengankecakapandanmengikutisistemkerja yang profesionaluntuktujuanpendidikan.
PengertianMenejemen
Manajemen (bahasa Latin): Manus (tangan) danangere (melakukan). Digabungmenjadimanagere
(menangani). Diterjemahkan bahasa Inggris management, dalam bahasa Indonesia diterjemahkan
manajemen (pengelolaan). Senimelaksanakanpekerjaanmelalui orang-orang (The art of getting
things done through people)
DefinisiPendidikan
}Langevell- suatuupayadalammemanusiakanmanusiamudaataupengangkatan
manusiamudaketaraf yang insani.
}K HadjarDewantara- dayaupayauntukmemajukanbertumbuhnyabudipekerti
(kekuatanbatin, karakter) pikiran (intellecent), dantumbuhkembanganak.
}Ahmad D. Marimba- Mengemukakanbahwapendidikanialahsuatu proses
bimbingan yang dilaksanakansecarasadarolehpendidikterhadapsuatu proses
perkembanganjasmanidanrohanipesertadidik, yang tujuannya agar kepribadian
pesertadidikterbetukdengansangatunggul. Kepribadian yang dimaksudini
bermaknacukupdalamyaitupribadi yang tidakhanyapintar, pandaisecara
akademissaja, akantetapibaik juga secarakarakter.
MenejemenPendidikan
}Senidanilmupengelolasumberdayapendidikanuntukmewujudkanprosesdan
hasilbelajarpesertadidiksecaraaktif, kreatif, inovatifdanmenyenangkandalam
mengembangkanpotensidirinya.
}Manajemenpendidikanadalahprosesuntukmelakukanperencanaan, melakukan
organisasi, untukmemimpin, untukmelakukanpengendalian. Fokusnyadilakukan
olehparatenagapendidiksertasumberdayadaripendidikanitusendiri. Guna
menujupadatujuanpendidikan yang diharapkan.
}Manajemenpendidikanadalahmenyatukanbeberapaunsurdalampendidikan
dankemudianmencobauntukdikembangkan. Dan fokusuntukmencapaipada
tujuandarimanajemenpendidikanitusendiri
ManajemenPendidikan
MenejenenPendidikan Islam: suatu proses penataanataupengelolaanlembagapendidikan Islam
yang melibatkansumberdayamanusiamuslimdanmenggerakannyauntukmencapaitujuan
pendidikan Islam secaraefektifdanefisien.
Model-model MenejemenPendidikan
}Formal : menekankanpadastrukturorganisasi. Model inimenggunakankepemimpinanmenejerial.
}Kolegial : pengambilankeputusan yang dilakukandenganmelibatkanseluruhorganisasi. Menggunakan model partisipatif.
}Politik : pengambilankeputusandengan model tawar-menawar (selalunegosiasi).
}Subyektf : menekankanpada individu2 padaorganisasiketimbangsecaramenyeluruh.
}Mendua (ambiguiti) : menekankanpadaketidakpastianatautidakdapatdiramalkan.
}Kultural : menekankanpada nilai2 keyakinan2, norma, tradisi
PerkembanganMenejemen
}. PraSejarah:
a.Peradaban Mesopotamia: Peletakprinsip-prinsipMenejemen. Bidangpemerintahan, perdagangan, uanglogamsebagaialattukar
b.PeradabanBabilonia: belumberkembangnamunmulaiditerapkansistemkepemimpinan yang efektifdalammembangunmenara Babel setinggi 198,12 m)
c.MesirKuno: berkembangsistempemerintahan, militer, perpajakan, perhubungandanpertanian
d.TiongkokKuno: Tahun 1100 SM. Perlunyaperencanaan, pengoranisasian, kepemimpinandanpengawasan. TokohKonfusius: ketentuanadminstrasinegera, Chow: syaratkepegawaiannegara, jujur, keakapan, pengambdianpadakepentinganumum, produktif
e.RomawiKuno: Tokoh Cicero, pembagiantugaskepemerintahan, administrasimiliter
f.YunaniKuno: pemilihanpemimpinsecaralangsung.
FaseSejarah (1 M-1886 M)
}FaseinidimulaidarigerejaKatolik Roma mulaimengembangkanstrukturorganisasidengandesain Scalar and Chain of command (rantaipemerintahartinyapemerintahdipusatkansepenuhnyakepadaKepemimpinanPaus). MelaluiKardinalkepadaUskupdanpendeta (Pastur) di tiap-tiapwilayah.
}Di dukungolehRevolusiIndustri I: munculmesin-mesinIndustri. Orientasipekerjaandariefektifitasmenjadiefisiensidanefektifitas
Fase Modern (1886M- Sekarang)
}Gerakanmenejemenilmiah. Pelopor Taylor danFayol.
}TahapSurvival (1886-1930). Menejemensebagaiilmu
}TahapKonsulidasidanPenyempurnaan (1930-1945). Prinsip, rumusdandalil-dalililmumenejemensehinggakeberadaanyatidakbisa d bntah. Gelarkesarjanaanmenejemenmulaidiberikan
}Tahap Human Relation (1945-1959). Terujinyaprinsip, rumus, dandalil. Perhatianparaahlimulaipadafaktormanusia, hubungan formal dan informal
}TahapBehaviourisme (1959-sekarang). Titiktekanyapadahubunganmanusiadenganpekerjaan. Keterkaitanilmumenejemendenganilmusosial, ekonomi, antropologi, statistik.
AliranMenejemen
1. AliranMenejemenIlmiah: (Robet Owen 1771-1858). Kelebihandiantaranta
a.PrinsipIlmiahdalam proses bekerja, peningkatanproduktivitasdanmenekanbiaya
b.Seleksisecarailmiah
c.Peningkatankondisikaryawan (pendidikan, kesejahteraan) demi peningkatanproduksidanlaba.
d.Mementingkanrencanakerjasertacaraterbaikdalampelaksanaantugas
e.PendekatanrasionaldalammemeahkanmasalahKelemahan
a.Peningkatanproduksitaksebandingdenganpendapatan
b.Hubunganmenejemendengankaryantetapjauh
c.Manusiadiposisikansesuatu yang rasional yang dapatdimotivasidenganpemenuhankebutuhanekonimidanfisiksehinggamelupakankebutuhansosial
}AliranPerilaku. Elton Mayo (1880-1949). Manusiarasional-manusiasosial. TitikTekan
a.PentingnyaMotivasi, perilakuKelompok, hubunganantarvKaryawan
b.Meningkatkanempatiatasandanbawahan
c.Kelemahan: kompleksitasperilakumanusiamemberikanpemecahan yang berbeda-beda
AliranScintificMenegement
}MengembangkanprosedurOprasionaldalammengatasimasalahorganisasi. Kelebihan
a.Memecahkanmasalahsecaratematis
b.MelakukanpeninjauandariberbagaiIlmu
AliranPendekatanSistem
MemandangOrganisasisebagaisatukesatuan yang terdiridariberbagaibagian yang salingberhubungan. Keberhasilanbagiantertentumempengaruhikeberhasilan yang lain begitusebaliknya
AliranPendekatanKontingensi
Menejerbertugasmegidentifikasiteknik yang akandigunakandalamsituasidanwaktutertentudalammencapaitujuanorganisasi. Sifatkondisional.
TujuandanManfaatMenejemenPendidikan
}Terwujudnyasuasanabelajardan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, menyenangkandanbermakna (PAKEMB)
}Terciptanyapesertadidik yang aktifmengembangkanpotensidirinya
}Teratasinyamutupendidikankarena 80% masalahmutudisebabkanolehmenejemenya
}Terciptanyaperencanaanpendidikan yang merata, bermutu, relevan, tidak bias gender, saradanakuntabel
}Terciptanyacitrapositifpendidikan
FaktorPendukung MP Islam
Internal: ManejerPendidikan
OrganisasiPendidikan
SistemPendidikanNasional
Eksternal: Lingkungan
Prinsip MP Islam
}Adil: sikaptengah-tengahatasduaperkara. Maksudnyasikapmoderat, obyektifterhadap orang lain dalammemberikanhukuman( seimbangdalammemberikanhak orang lain)/ amanah
}Ikhlas: mengerjakansesuatuhanyakarena Allah danhanyamengharapRidhanya
}وادعوه مخلصين له الين (Q.S al-A’raf:29)
}
}Amanah/ TanggungJawab: suatu yang harusdijaga agar sampaikepada yang berhakmemilikinya
}Jujur: sesuainyaucapanlisandengankenyataan/ sesuainyalahirdanbatin
} Amar Ma’rufNahiMunkar
}ImandanAkhlaq
}Hubungan/ pergaulanbaik
}

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perkembangan Menejemen | Manajemen Pendidikan"

Posting Komentar